Rabu, 27 Oktober 2010

Negara Maju dan Negara Berkembang


Negara maju dan negara berkembang. Keduanya memiliki perbedaan. Disini saya akan membahas tentang perbedaan antara negara maju dan negara berkembang.

Yang pertama adalah negara maju. Apa sih negara maju itu? Negara maju adalah negara yang rakyatnya memiliki kualitas hidup yang tinggi. Yang dimaksud dengan kualitas hidup tinggi disini adalah mereka – mereka yang hidup sudah serba berkecukupan. Para penduduknya sudah mempunyai pekerjaan yang layak dan gaji yang lumayan besar untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka dan keluarga. Selain itu juga pendidikan dinegara maju, penduduknya lebih pintar dibanding yang lain. Karna dituntut untuk memiliki pekerjaan, maka pendidikan dan gelar pendidikan juga sangat penting.

Sedangkan negara berkembang rakyatnya memiliki tingkat kesejahteraan atau kualitas hidup bertaraf sedang atau masih dalam tahap perkembangan menjadi kualitas yang lebih baik. Jadi para penduduknya masih berusaha untuk menjadikan dirinya dan juga bangsanya untuk maju ketahap selanjutnya menjadi negara maju. Tidak banyak yang dapat digambarkan dari negara berkembang. Hanya saja banyak yang dilakukan oleh negara berkembang.

Perbedaan negara maju dan negara berkembang dapat dilihat dari : pendapatan perkapita negara tersebut. Apakah pendapatan yang dikeluarkan lebih besar atau lebih kecil dari yang diterima oleh negara tersebut. Jumlah penduduk miskin yang ada di negara tersebut. Karna kebanyakan penduduk miskin hanya menyusahkan negara tersebut. Sebab pemerintah akan menggunakan uang negara untuk membantu penduduk miskin tersebut. Jadi untuk mengurangi penduduk miskin, pemerintah harus berkorban pendapatan tersebut. Tetapi yang lebih menyusahkan lagi adalah tingkat pengangguran di negara tersebut. Jadi pemerintah juga harus menyediakan lapangan  pekerjaan. Tetapi juga percuma bila pengangguran tidak memiliki pendidikan yang tinggi. Karna lapangan pekerjaan juga membutuhkan sdm yg mampu bersaing. Selanjutnya yang membuat jumlah penduduk naik dan turun adalah angka kematian bayi dan ibu melahirkan. Setiap menitnya ada bayi yang lahir dan juga meninggal. Lalu ada juga angka huruf melek. Yang dimaksud angka huruf melek adalah mereka yang buta huruf alias bisa baca atau tidak. Hal – hal tersebut sangat berpengaruh bagi negara untuk menentukan apakah bisa di kategorikan sebagai negara maju atau negara berkembang.

Berikut adalah Ciri - ciri negara maju berdasarkan data diatas. Kalau negara maju pendapatan perkapitanya tinggi. Bisa melebihi pengeluaran pertahun. Pendidikan dan keterampilan tinggi atau cukup berpotensi besar. Jadi setiap orang sudah memiliki gelar. Dan tidak bergantung pada orang lain. Maksudnya negara ini tidak membutuhkan support atau kerjasama dari negara lain. Entah dalam hal perekonomian ataupun militer. Karna negara ini sudah mencukupi semua kebutuhan. Bahkan mungkin negara ini yang dimintai bantuan.

Ciri - Ciri negara berkembang bisa dibilang kebalikan dari negara maju tapi tidak begitu buruk. Pendapatan perkapita relatif rendah. Setidaknya seimbang antara pendapatan dan pengeluaran. Pendidikan dan keterampilan rata – rata rendah. Mungkin yang menjadi masalah adalah ketidak mampuan penduduknya untuk mengenyam bangku sekolah. Kemudian sangat tergantung pada alam. Jika sumber daya alam habis. Maka mereka akan meminta SDA dari negara lain dengan melakukan perdagangan memalui laut.
Itulah yang dapat saya jelaskan tentang negara maju dan berkembang. Mungkin ada yang kurang bisa ditambahkan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar